Selasa, 31 Januari 2012

Cara membuat Master Soal dan Kartu soal secara otomatis

Bagi anda yang berprofesi guru tentunya akan dihadapkan pada ujian-ujian siswa untuk itu guru perlu membuat soal ujian yang akan diujikan kepada siswa, tidak hanya membuat butir soal guru juga dituntut untuk membuat perangkat soal yang terdiri dari: Butir Soal, Kartu Soal, Kisi-kisi, Kartu Telaah, dsb. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat Butir Soal dan Kartu soal dengan cepat dan otomatis.


Dalam membuat soal ujian langkah yang harus dilakukan dahulu adalah dengan menentukan kisi-kisi soal yang akan diujikan jangan sampai dibalik, membuat soal dahulu kemudian membuat kisi-kisinya. Jika kita membuat kisi-kisi soal terlebih dahulu maka untuk membuat butir soalnyapun akan terasa lebih mudah dikarenakan ada panduan sebelumnya dari kisi-kisi yang sudah kita buat tadi
Setelah membuat kisi-kisi soal barulah kita membuat Butir soal dan Kartu soal, biasanya butir soal yang diminta tersebut itu terdiri dari 2 macam soal yaitu soal kode A dan soal kode B, berarti kita akan membuat butir soal sebanyak 2 buah, yang sering dilakukan pada umumnya adalah membuat kisi-kisi soal, membuat soal A dan B, membuat kartu soal dan dilakukan secara manual, dengan sedikit trik kita hanya membuat 1 Master soal saja dan itu semua otomatis output yang dihasilkan adalah Butir Soal (A dan B) serta Kartu soal.
Langkah-langkah untuk membuat :
  1. Buatlah terlebih dahulu kisi-kisi soal (ini manual tidak bisa otomatis)
  2. Dengan panduan dari kisi-kisi soal, mulai buatlah master soal kode A dengan nama file mastersoal-A.doc/.docx (Office Word) dengan format seperti berikut ini :
    Contoh Tabel Master Soal
    Tabel diatas bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing. Master soal ini adalah master dari butir soal yang akan kita buat dan kartu soal, jadi didalam master soal ini harus benar sehingga tidak ada kesalahan dalam butir soal atau kartu soal yang dihasilkan, kita cukup membuat ini saja tidak perlu membuat lagi kartu soal, jumlah soal disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  3. Setelah selesai membuat master soal langkah selanjutnya adalah mempersiapkan untuk membuat soalnya. Buatlah tampilan seperti contohnya berikut ini

    Selain option multiple choice diatas anda bisa membuat pilihan yang lain sesuai dengan kreasi anda berikut ini adalah contoh optiopn multiplechoice yang bisa digunakan.
    Contoh pilihan option multiple choice
    Tampilan diatas adalah tempat untuk memasukkan data dari master soal yang sudah kita buat tadi. Jika anda kesulitan membuat tabel yang dimaksud bisa download DISINI.


  4. Agar supaya data pada master soal yang kita buat tadi bisa otomatis muncul dalam butir soal maka kita bisa memanfaatkan fungsi mailmerge pada Ms-Word yang saya gunakan disini adalah MS-Word 2007.
  5. Cara mengaktifkan fungsi mailmerge di Word adalah :
  • Pilih dan tekan mailing à Start Mail Merge à Step by Step Mail Merge Wizard

  • Pada kotak dialog sebelah kanan tekan Next sampai muncul perintah mencari data master (source) à
    pilih Browse..

  • Cari dan masukkan file mastersoal-A.docx yang sudah anda buat sebelumnya, pilih Word Documents (*.docx) à OK.

  • Jika muncul kotak dialog mailmerge recipient Tekan OK

  • Masukkan field ke table yang sudah ada misalnya seperti tampilan dibawah ini.

  • Pilih Preview Result (untuk melihat hasilnya)

  • Maka hasilnya adalah seperti berikut (tabel tidak akan terlihat jika dicetak)

  • Langkah sudah selesai
  • Untuk menambah jumlah tampilan soal sampai soal yang diinginkan tinggal anda tambahkan Rules à Next Record

  • Copy tabel untuk tampilan soal berikutnya dengan ditambah Next Record pada akhir tabel. Jadi tampilan seperti berikut ini..

  • Langkah selesai anda bisa menambahkan jumlah tabel sesuai dengan kebutuhan anda pilih preview dan file bisa di cetak.
  1. Langkah diatas bisa juga diaplikasikan untuk membuat kartu soal, berikut ini adalah contoh dari kartu soal bisa anda Download DISINI, untuk membuat kartu soal secara otomatis bisa anda lakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah diatas.
  2. Yang kita kerjakan diatas itu hanya untuk Master Soal A saja yang menghasilkan butir soal A dan Kartu Soal A, jika anda ingin membuat Master soal B maka harus anda acak soal-soal pada Master soal, cara mengacak soal dengan cepat bisa anda ikuti tutorialnya di http://mahir-tik.com/2011/03/18/cara-mengacak-soal-dengan-cepat-dan-mudah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar